DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Oktober 08, 2018

Kelebihan dan Kekurangan Blog Menggunakan Template AMP

Baca Juga

Accelerated Mobile Pages atau yang biasa kita sebuh ( AMP) adalah terobosan baru dari Google yang berhasil dibuat oleh tim google bertujuan untuk mempercepat kinerja website yang diakses melalui perangkat seluler atau smartphone, Accelerated Mobile Pages ( AMP) dari artinya sudah jelas yaitu halaman mobile yang dipercepat.

Disebutkan di laman resminya, AMP Project adalah inisiatif sumber terbuka yang bertujuan untuk membuat web lebih baik bagi semua kalangan. Proyek ini memungkinkan pembuatan situs dan iklan dengan performa tinggi, cepat, dan konsisten di berbagai perangkat dan platform distribusi.

Kemudian terkait kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh AMP, berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya yang pernah saya rasakan selama menggunakan template AMP.

Kelebihan Blog yang Menggunakan Template AMP:

1. Tampilan blog tetap terload seperti halaman asli meskipun jaringan buruk
Meskipun blog dibuka mengggunakan jaringan lemah akan tetap terload sesuai alamat url yang asli bukan melalui googleweblight sehingga halaman web akan tampil sempurna tanpa rusak. Seperti yang kita ketahui biasanya halaman blog non amp apabila diakses dengan jaringan yang tidak memadai akan dialihkan ke halaman googleweblight. Namun hal ini tidak terjadi apabila halaman blog sudah valid AMP. Inilah salah satu kelebihan yang paling oke dari fitur AMP.

2. Meningkatkan pengunjung dan mengurangi bounch rate blog
Bagaimana caranya?

Kelebihan amp yang lain adalah meningkatkan pengunjung blog dan menurunkan bounch rate. Seperti yang kita tahu bounch rate (rasio pentalan pengunjung) sangat bergantung pada kecepatan sebuah web atau blog. Semakin cepat akses blog tersebut maka bounch rate semakin kecil dan otomatis pengunjung akan semakin betah menjelajah di blog kita.

Kalau ada dua artikel dengan judul yang sama antara blog amp dan bukan, tentu pengunjung akan memilih blog yang loadingnya lebih cepat yaitu amp. Oleh karena itu secara perlahan pengunjung akan bertambah. Terlebih lagi untuk blog yang pengunjungnya lebih banyak dari perangkat mobile. Tentu kehadiran template valid amp ini sangat berpengaruh.

3. Loading halaman instan
Kelebihan blog yang valid amp kedua adalah kecepatan akses yang semakin didepan. Loading halaman yang instan sehingga pengalaman pengguna akan tetap terjaga meskipun jarigan buruk. Memang fitur ini dikhususkan untuk pengguna mobile jadi wajarlah kalau akses via mobile yang diutamakan.

Bagaimana bisa amp membuat halaman blog menjadi lebih cepat?

Salah satu komitmen fitur AMP adalah memastikan konten di blog kita diakses lebih cepat. Blog dengan fitur amp akan meminimalisir penggunaan css, html dan terutama javascript sehingga waktu pemuatan halaman akan menjadi lebih sedikit. Selain itu halaman blog amp akan menyimpan cache blog, kemudian akan dimuat kembali sehingga browser tidak perlu lagi mengunduh berulang kali untuk mengakses halaman blog.

4. Menaikkan peringkat blog/website
Kelebihan menggunakan template amp selanjutnya adalah bisa menaikkan peringkat blog! Banyak factor yang mempengaruhi peringkat sebuah blog atau web di mesin pencari, salah satunya adalah kecepatan aksesnya. Bagi pengguna template blog valid amp tentu hal ini sudah otomatis teratasi. Dengan menggunakan template amp loading blog akan semakin cepat, sehingga hal ini akan menjadi nilai tambah dalam penentuan peringkat di mesin pencari daripada yang non amp.
Peluang kamu untuk mendapatkan peringkat lebih besar jika menggunakan amp. Karena blog sangat responsive dan loading super kenceng.

5. Menggunakan template AMP memberikan kepuasan tersendiri
Selain beberapa kelebihan yang saya sebutkan di atas, kelebihan yang lain yang saya rasakan adalah saya mempunyai kepuasan tersendiri dalam menggunakan template amp. Terlebih lagi apabila blog valid amp secara keseluruhan dari postingaan, gambar dasn sebagainya. Pasti terasa puas dan semangat untuk ngeblog tumbuh lagi. Wajarlah amp kan masih baru, ibarat orang yang baru dibelikan barang baru pasti rasanya demen banget. Terlebih lagi kalau barangnya sempurna tidak ada cacat.

Meskipun template amp memiliki banyak kelebihan, tetap saja ada kekurangannya. Namun kekurangan ini tidak seberapa dibandingkan kelebihannya. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh template amp menurut saya.


6. Index blog semakin tinggi
Pengalaman yang mengesankan selama saya menggunakan template AMP adalah meningkatnya status indekx google terhadap blog saya. Page index dan struktur template terindeks dengan sangat cepat dan terus naik. Saya lupa screen shoot status page index google terhadap blog saya saat menggunakan template AMP, yang jelas lebih tinggi dari saat saya menggunakan template biasa. Silahkan kamu buktikan sendiri.

Kelemahan Blog yang Menggunakan Template AMP:

1. Dari segi tampilan, AMP memiliki sedikit kelemahan karena HTML AMP tidak mensupport JavaScript dan style external.

2. Ribet ketika mengupload foto jika Anda menggunakan template blogspot biasa, setelah menulis artikel upload foto dan sedikit settingan lainnya lalu bisa mempubliskan artikel anda. Hal ini tidak bisa kita rasakan jika menggunakan template blogspot yang sudah valid AMP, karena kita harus mengedit terlebih dahulu HTML Script untuk foto agar blogspot anda valid AMP.

3. Harus melakukan pertinjauan berulang-ulang ketika Menulis artikel dan mengupload foto atau video. Hal yang paling menyedihkan adalah harus melakukan pertinjauan berulang-ulang guna menanggulangi notifikasi error pada template AMP yang ada pada plugin Browser.

4. Komentar blogspot tidak bisa diterapkan pada template blog AMP. Untuk menanggulangi kasus ini biasanya para publisher yang menggunakan template AMP memilih untuk menggunakan disqus atau komen Facebook sebagai media untuk berdiskusi kepada pengunjung.

5. Blogspot sendiri belum mengupdate template bawaan yang valid AMP. Jadi ketika publisher yang ingin membangun blog mereka harus membeli atau mencari template yang versi AMP. Yang lebih sedihnya dia akan belajar dulu tentang tata cara mengoptimalkan template versi AMP. Tapi jika si pemilik blog mengerti tentang html AMP tidak menjadi masalah.

Menurut saya memiliki template AMP adalah kebanggaan tersendiri karena kita mampu bersaing dalam dunia blogger khususnya dalam perkembangan yang dibuat oleh Google. Sebenarnya dalam memilih template kita harus ekstra hati-hati karena template di ibaratkan seperti toko. Jika toko di desain sebagus mungkin Secara otomatis pengunjung yang datang akan senang dan betah berlama-lama di toko anda, Namun sebaliknya jika toko anda jelek maka orang yang datang akan merasa kecewa.

Tapi perlu Anda ketahui itu semua tergantung dari artikel yang akan anda sampaikan kepada pengunjung, walaupun blog anda di desain sebagus mungkin sehingga membuat pengunjung nyaman hal ini tidak bisa dipastikan bahwa pengunjung merasa puas, sebab intinya pengunjung masuk ke blog anda untuk mencari informasi yang akurat.
logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Kelebihan dan Kekurangan Blog Menggunakan Template AMP dengan url https://inirifany.blogspot.com/2018/10/kelebihan-dan-kekurangan-blog.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Accelerated Mobile Pages atau yang biasa kita sebuh ( AMP) adalah terobosan baru dari Google yang berhasil dibuat oleh tim google bertujuan untuk mempercepat kinerja website yang diakses melalui perangkat seluler atau smartphone, Accelerated Mobile Pages ( AMP) dari artinya sudah jelas yaitu halaman mobile yang dipercepat. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar