DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Oktober 01, 2017

Cara Supaya Artikel Postingan tidak bisa di Copy Paste

Baca Juga

Copy paste salah satu tindakan pemilik blog tidak mau berpikir maka kita bisa menjaga semua isi artikel dengan memasang anti copy paste, agar terhindar dari tangan jahil dari tukang copy paste (COPAS) sangat merugikan sekali bagi korbannya, anti copy paste bisa Anda pasang agar terhindar dengan kegiatan CTR+U atau copy paste.

Memasang Anti Copy Paste. Di dunia blogger kita harus berusaha membuat entri original dengan penulisan artikel Seo friendly dengan merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat dan waktu yang dibutuhkan kadang 3 jam belum selesai juga untuk sebuah artikel, setelah artikel diposting ternyata beberapa menit kemudian artikel kita sudah di copy paste oleh blog lain, bila ternyata sudah terlanjur dicopy anda bisa mengadukan ke DMCA google langsung. Untuk menjaga tindakan tukang kopas cukup dengan memasang anti copy paste, nah bila mereka kembali lagi untuk menjiplak artikel sekarang tidak bisa berbuat hal yang sama copy paste.

Agar blog tidak di copy paste

Namun bagi Anda yang membuat artikel tentang tutorial blog jangan digunakan kode script ini karena ada kode yang harus di copy oleh penguna lain pada artikel yang dipublikasikan. Misalnya Anda membuat artikel postingan tentang memasang iklan ditengah artikel, maka pada tutorial dan langkahnya pengguna akan men-copy kode script untuk iklan tersebut, meskipun Anda pasang anti copy paste sesuaikan kode script agar bisa dicopy pengguna yang membutuhkan.

1. Menggunakan Script CSS 

Salah satu cara yang bisa kita gunakan agar artikel postingan tidak bisa dikopi paste adalah dengan menggunakan script CSS, css sebenarnya digunakan untuk mengatur tata letak halaman situs sekaligus mengelola design atau mendekorasi halaman situs, namun CSS bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan tidak bisa di kopi paste secara langsung, berikut langkah-langkahnya:  a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.
 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"
c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "]]></b:skin>", tanpa tanda kutip, kemudian kopi kode CSS berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}
Jika anda menerapkan kode diatas, maka seluruh tampilan blog menjadi tidak dapat di seleksi dan tidak dapat dikopi paste itu karena kode diatas kita pasang di TAG body, yang menyebabkan seluruh tampilan halaman tidak dapat diseleksi, tentu saja untuk kasus-kasus tertentu cara diatas kurang efektif, jika anda bermaksud untuk menonaktifkan (unselectable) hanya sebagian area saja maka anda harus pasang kode diatas untuk TAG tertentu yang anda ingin dinonaktifkan.
Namun untuk menerapkannya anda harus mengetahui tag-tag blog anda, untuk mengetahuinya anda bisa menggunakan fasilitas inspeksi element pada browser anda.
 Misalkan, anda ingin menonaktifkan hanya bagian postingan saja menjadi tidak dapat diseleksi, namun jika terdapat Quote didalam postingan harus bisa diseleksi, langkah-langkahnya adalah:
1. Silahkan cari nama TAG HTML untuk struktur postingan anda baik itu ID maupun classnya, misal nama tag id untuk postingan anda adalah <div id='post' ..... sedangkan nama tag id untuk quote postingan anda adalah <div class='my-quote', maka untuk menonaktifkan postingan kecuali quote harus tetap aktif adalah sebagai berikut:
-Agar postingan anda tidak dapat dikopi paste, maka pasang kode diatas untuk tag HTML postingan anda melalui ID tag (id='post'), lihat ilustrasi diatas, kode yang harus anda pasang adalah sebagai berikut:

#post{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}
Jika anda hanya memasang kode diatas, maka seluruh area yang ada didalam postingan menjadi tidak bisa dikopi paste, oleh karena itu jika anda menginginkan beberapa bagian didalam area postingan, misalnya quote ingin tetap bisa di seleksi dan di kopi paste, maka anda tambahkan lagi kode dibawah ini:
-Agar Quote yang ada didalam postingan aktif, maka anda harus memasang kode tersebut di TAG HTML untuk Quote, dalam hal ini kita pasang di attribut kelasnya, kode yang harus anda pasang selanjutnya adalah:

#post .my-quote{display:block;
-khtml-user-select:text;
-webkit-user-select:text;
-moz-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-o-user-select:text;
user-select:text;
unselectable:off;}
oh ya, kode diatas tentu saja disarankan diletakan sebelu kode </head> dan bungkus kode diatas diantara kode
<style type='text/css'>

---------letakan kode-kode diatas diarea ini--------
</style>

2. Menggunakan Kode JavaScript

Javascript digunakan sebenarnya untuk membuat halaman situs lebih interaktif, memberikan sentuhan animasi dan lainnya, selain itu javascript bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan blog tidak dapat dikopi paste, atau artikel postingan kita tetap dapat dikopi paste namun ketika dikopi secara otomatis, link sumber akan disertakan, berikut langkah-langkahnya:  a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.
 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"
c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "</head>", tanpa tanda kutip, kemudian gunakan kode javascript berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

 <script type="text/javascript"> function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
    target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
    target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
    target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
</script>

Silahkan Anda Bisa Memilih salah satu cara di atas, atau bisa memasang kedua cara itu bersamaan.
logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Supaya Artikel Postingan tidak bisa di Copy Paste dengan url https://inirifany.blogspot.com/2017/10/cara-supaya-artikel-postingan-tidak-bisa-dicopy-paste.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Cara Supaya Artikel Postingan tidak bisa di Copy Paste Blog orang lain terbaik Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar