DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

November 07, 2017

Cara Banding / Mengembalikan Akun Youtube yang di Tangguhkan

Baca Juga

Belakangan ini, kasus dimana channel atau akun YouTube dijatuhkan penalti berupa penangguhan semakin sering terjadi.


Akhir-akhir ini banyak teman-teman youtuber yang mengeluh dan bingung karena channel youtube ditangguhkan, termasuk Saya sendiri. Dan kebanyakan dari teman-teman bilang bahwa sebelumnya tidak melakukan pelanggaran apapun, tapi channel youtube ditangguhkan secara tiba-tiba.

Saya sendiri sempat bingung kenapa channel YouTube ditangguhkan secara tiba-tiba, dan Saya merasa sebelumnya tidak melakukan pelanggaran apapun sesuai dengan kebijakan iklan atau pedoman komunitas.

Tingkatannya pun beragam, ada yang hanya terkena penangguhan (suspend) pada salah satu channel YouTube saja, hingga penangguhan yang bersifat menyeluruh, yakni penangguhan yang membuat akun Gmail Google menjadi tidak dapat diakses, yang membuat seseorang hampir tidak dapat melakukan apapun dan hanya dapat berpasrah.

Terlebih lagi, yang terkena dampak dari penangguhan ini tidak hanya semata-mata ditujukan pada YouTuber yang melakukan pelanggaran kebijakan saja, pemain YouTube murni juga ikut terkena dampaknya!


cara mengembalikan akun youtube suspend dengan cepat kenapa upload youtube ditangguhkan cara mengembalikan akun suspend dengan cepat akun adsense ditangguhkan

Mungkin ini adalah hal yang wajar bagi YouTuber yang melakukan pelanggaran kebijakan, seperti melakukan re-upload video milik YouTuber lainnya, mengupload konten penipuan, konten dewasa, judi, dan lain sebagainya.


Hadiah tahun baru dari YouTube yang benar-benar dramatis

Namun jika yang terkena penangguhan akun adalah YouTuber yang benar-benar membuat konten (video) dengan kerja kerasnya sendiri, ini tentu tidaklah adil.

Kenapa saya menuliskan hal ini?

Karena saya adalah salah satu diantara mereka yang bernasib buruk.

Walaupun saya tidak melakukan apapun, channel YouTube yang saya kelola yang telah terisi lebih dari 50 video original disuspend begitu saja.

saluran youtube ditangguhkan kenapa upload youtube ditangguhkan cara mengembalikan akun suspend dengan cepat akun youtube dihentikan penangguhan akun youtube akun adsense ditangguhkan akun youtube di banned berapa lama akun youtube ditangguhkan Tips Mengaktifkan Kembali Akun Youtube Yang Terkena suspend terminate


cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan.jpg
Screenshoot diatas saya dapatkan pada akhir tahun 2016 ketika membuka kotak masuk atau inbox email pemulihan dari akun YouTube yang tersuspend, dan ketika saya mencoba untuk memastikan apakah email yang berisi channel YouTube yang saya kelola benar-benar di-suspend, saya mencoba untuk masuk ke akun Google yang dituliskan pada email yang dikirimkan oleh Google ini.

Dan hasilnya....

cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan 3.JPG
Ternyata benar, setelah saya mencoba login ke akun Google, saya disambut dengan pesan yang bertuliskan "Tidak dapat mengakses produk Google" atau "Unable to access a google product".

Rasa marah, kesal, dan sedih, bergabung menjadi satu, yang akhirnya membuat saya depresi berat.

Walaupun penghasilan yang didapat dari channel YouTube yang disuspend masih akan dapat dicairkan pada tanggal 21 Januari (karena sejak awal saya telah mengaitkan akun YouTube dengan Google Adsense dengan email berbeda), namun di bulan-bulan berikutnya, saya mungkin tidak akan dapat mendapatkan gajian dari Adsense, padahal penghasilan yang didapat dari channel YouTube ini sudah dapat melakukan payout rutin di setiap bulannya.

Karena saya tidak terima dengan nasib yang saya alami, saya mencoba untuk mencari solusi untuk mengembalikan akun saya seperti sediakala.

Setelah mencoba mencari referensi dari orang-orang yang mengalami pengalaman yang sama, akhirnya saya berhasil menemukan suatu solusi dan berhasil memulihkan channel YouTube yang saya kelola dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu.

Caranya pun sederhana dan gak pake repot.

Untuk selengkapnya, silahkan baca ulasan dibawah ini:

Mengembalikan akun YouTube yang ditangguhkan



Untuk mengembalikan channel atau akun YouTube yang ditangguhkan, kita hanya perlu untuk mengisi sebuah formulir yang merupakan bagian dari pengajuan banding.

Pengauan banding ini bertujuan untuk meminta pihak Google ataupun YouTube untuk meninjau ulang apakah channel yang Anda kelola benar-benar melakukan pelanggaran seperti yang mereka tuliskan pada email yang mereka kirimkan atau tidak.

Biasanya, pemberian penalti berupa penangguhan akun itu dijatuhkan oleh sistem Google dan ini dilakukan secara otomatis (tidak dikerjakan oleh manusia secara manual), jadi Google memaklumkan pengguna layanan mereka, mulai dari pengguna layanan Gmail, Blogger.com, hingga YouTube untuk mengajukan komplain kepada mereka jika ada kesalahan yang dilakukan oleh sistem.

Nah, bagi Anda yang ingin mengajukan banding kepada Google selaku pengelola YouTube, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:


  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengunjungi halaman pengajuan banding dari salah satu produk Google, yakni YouTube.
  2. Jika Anda sudah mengunjungi halaman pengajuan banding, seharusnya Anda akan melihat tampilan yang sama seperti yang terlihat pada screenshoot dibawah ini:
    cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan 7.JPG
    Setelah itu, silahkan isikan data data yang diminta oleh Google.
    Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengisinya, silahkan ikuti panduan pengisiannya dibawah ini:
    • Nama lengkap Anda: Isi dengan nama lengkap Anda. jika bisa, usahakan disamakan dengan nama dari akun Google yang ditangguhkan
    • Alamat email yang Anda gunakan untuk login ke channel YouTube: Isi dengan alamat email dari akun Google yang ditangguhkan
    • Alamat email yang dapat kami gunakan untuk menghubungi Anda: Isi dengan alamat email Anda yang masih aktif. Nantinya, Google akan mengirimkan pesan pemberitahuan terkait pemulihan akun Google Anda yang terkena penangguhan melalui email ini
    • URL channel YouTube yang ditangguhkan: Isi dengan URL/link dari channel YouTube yang ditangguhkan.

      Contoh: https://www.youtube.com/channel/UCHXBtoB7zG1addIUQOy2ROw

      Bagi Anda yang lupa atau tidak tahu dengan URL dari channel YouTube yang ditangguhkan, Anda dapat mengeceknya melalui email-email yang berkaitan dengan channel YouTube Anda.

      Biasanya, di kotak masuk (inbox) akan ada email yang berhubungan dengan update terbaru dari video Anda di Youtube. Contoh: memulihkan akun google dan youtube yang disuspend 2.png
      Jika misalkan Anda mendapatkan link yang sangat panjang, seperti: https://www.youtube.com/attribution_link?a=5u0O4VYfjkQ&u=/channel/UCZ_YbjeREh3PrEke6ztHUTw?feature=em-subs_digest&g=CRRpSTrGqUnar4xaAcjgHvu1ScXpL2-PGz-Q-BCNMv__2JLTyBLd2AjdzZbKgIv6xMTurv9YhgV0tNITvh8lkVq6JmcGapQqc8JYBH7a7PhEguZ_YL0lftbadQxSKGkirw1Z4cYoFrA-o1cr6CUQdUVgXJ3UuzamNvx8jqK7fwofww-97tCS8SSdv2AZNBUP-g==

      Maka bagian yang perlu Anda ambil hanyalah ID dari channel Anda.

      Kalau misalkan saya mengambil ID dari channel diatas, maka saya hanya perlu mengambil bagian UCZ_YbjeREh3PrEke6ztHUTw saja
    • Jelaskan secara singkat alasan Anda menganggap channel ditangguhkan secara keliru: Disini, Anda dapat menjelaskan apa alasan yang membuat Anda ingin memulihkan akun Anda kembali.

      Anda mengisinya dengan alasan seperti "Akun YouTube saya ditangguhkan oleh sistem Google dengan alasan Akun ditangguhkan karena aktivitas tidak valid atau alasan kebijakan, namun saya berfikir ini hanyalah kesalahan teknis saja, berhubung saya tidak pernah melakukan hal-hal aneh dan selalu mengembangkan channel yang saya kelola secara manual dan membuat konten dengan jerih payah sendiri"

  3. Berikut adalah contoh formulir pengajuan banding yang telah terisi:
    cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan 6.JPG
  4. Jika semuanya sudah diisi, langsung saja klik KIRIM
  5. Pada titik ini, Anda dinyatakan sudah berhasil mengajukan banding ke Google terkait penangguhan akun Gmail dan YouTube
    cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan 8.JPG

Setelah Anda mengirimkan permintaan pengajuan banding, Google akan memproses pengajuan banding Anda secepatnya.

Sesaat setelah Anda mengirimkan formulir diatas, seharusnya Anda akan langsung mendapatkan balasan seperti yang terlihat pada screenshoot dibawah ini:

cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan 9.JPG

Pesan diatas dikirimkan Google untuk memberitahukan bahwa akun Google yang Anda laporkan melalui formulir memang mengalami penangguhan. Dengan kata lain, ini hanyalah pesan konfirmasi saja.

Selanjutnya, Google akan meninjau ulang akun Google dan channel YouTube Anda dalam hitungan hari, bahkan terkadang bisa menghabiskan waktu hingga berminggu-minggu.

Namun dalam kasus saya sendiri, saya mengirimkan formulir pada hari Rabu, dan akun berhasil dipulihkan kembali pada hari Sabtu. Artinya, saya berhasil memulihkan akun saya dalam waktu 3 hari.

Jika misalkan akun Anda berhasil dipulihkan kembali, Anda akan mendapatkan email seperti ini:

cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan 2.jpg

Cara ini sudah pasti work, dan berhasil pada saat saya terapkan pada kasus yang menimpa saya.


Namun perlu diperhatikan bahwa Anda hanya dapat memulihkan akun dari channel YouTube yang benar-benar tidak melanggar kebijakan.


Jika Anda mencoba untuk memulihkan akun dari channel YouTube dengan konten yang berbahankan video re-upload dan video yang melanggar kebijakan, mungkin persentase channel berhasil dipulihkan kembali relatif sangatlah kecil.

Berdasarkan dari rumor yang saya dengar, YouTube sangat sering melakukan penangguhan akun untuk memfilter channel yang berkualitas dan tidak, serta mencegah terjadinya spam, karna seperti yang Anda tahu, suatu video yang berdurasi 10 menitan bisa berukuran hingga 100 MB (setelah melalui proses encoding YouTube).

cara memulihkan channel youtube yang ditangguhkan suspend mengembalikan 10.JPG
Besar atau ukuran file video di YouTube berdasarkan resolusi/kualitas video per menit
Source gambar: JeparaSoft

Seumpama jika ada 100 orang yang mengupload video re-upload di YouTube secara bersamaan, maka YouTube akan kehabisan penggunaan disk sebesar 10 GB.

Namun berhubung ada ratusan, bahkan ribuan orang mengupload video re-upload setiap harinya, YouTube terpaksa membuat kebijakan yang cukup ekstrem, seperti yang saat ini Anda rasakan, yakni menangguhkan akun yang dianggap melakukan aktifitas tak wajar.

Ini dilakukan mereka agar ruang penyimpanan tetap tersedia.

Walaupun karena sensitivitas sistem yang ditingkatkan untuk mencegah spam, sering terjadi penangguhan akun yang keliru.

Penutup
Kurang lebih, itulah sejumlah hal yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana cara saya mengembalikan channel YouTube dan akun Google milik saya yang telah ditangguhkan.

ditangguhkan artinya berapa lama akun youtube ditangguhkan penangguhan akun youtube cara memulihkan akun channel youtube yang di suspend cara memulihkan akun youtube yang ditangguhkan oleh Google bad standing dampak cara mengatasi bad reputasi buruk (bad standing) cara memperbaiki reputasi buruk di youtube

Jika Anda merasa ragu atau bingung dengan apa yang saya jelaskan pada artikel diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan sebuah feedback di kolom komentar, dan jika memungkinkan, saya akan menjawab feedback yang Anda kirimkan secepat yang saya bisa.

Sumber : https://sekolahblogger.net/index.php?threads/cara-mengembalikan-akun-youtube-yang-ditangguhkan.633/
logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Banding / Mengembalikan Akun Youtube yang di Tangguhkan dengan url https://inirifany.blogspot.com/2017/11/cara-banding-mengembalikan-akun-youtube.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Cara Banding / Mengembalikan Akun Youtube yang di Tangguhkan Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar