DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

November 06, 2017

Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog

Baca Juga

 Sebelum membuat disclaimer untuk blog, Anda harus paham dulu apa yang dimaksud dengan disclaimer dan apa pentingnya untuk blog Anda.

Jika Anda menjalankan blog hanya sebagai tempat curhat tanpa berniat monetize, maka disclaimer tidak ada gunanya. Tapi jika untuk tujuan komersial, hal ini penting. Apalagi jika peruntukannya untuk melamar jadi publiser di Google Adsense.

Selain privacy policy dan contact us, beberapa blogger juga membutuhkan disclaimer. Hal ini agar terlihat profesional saja. Walau pada dasarnya, ketika telah punya privacy policy dan contact us, itu sudah mewakili semuanya, apalagi kalau hanya sekedar blog

Apa Itu Disclaimer?


Disclaimer adalah sebuah aturan dan peraturan yang di buat oleh pemilik blog. Sama dengan privacy policy, Disclaimer itu di buat untuk menginformasikan aturan-aturan kepada pengunjung atau pembaca blog kita. Maka dengan cara membuat privacy policy dan disclaimer pada sebuah blog, akan memaksa pengunjung blog untuk mengikuti aturan-aturan yang telah kita buat. Seperti yang kita tahu, privacy policy dan disclaimer sangat berperan penting untuk mendaftarkan blog kita menjadi publiser Google Adsense. Sebelum mendaftar sebagai publiser Adsense, google menyarankan untuk membuat disclaimer dan privacy policy sebelum mereka terima. Maka hukumnya wajib memasang diclaimer dan privacy policy di blog jika, blog Anda ingin di terima Google adsense.


Kenapa Membuat Disclaimer Itu Penting?


Kebanyakan blogger memiliki privasi policy dan disclaimer untuk menjaga informasi untuk diri sendiri dan pengunjung blog mereka. Hal ini untuk menjaga ulah para pengguna situs kita yang tidak bertanggung jawab. Maka dengan menambahkan halaman kebijakan dan aturan-aturan dapat membuat mereka beratanggung jawab apa yang mereka telah perbuat pada situs kita
Kebijakan privasi membiarkan semua pembaca atau pengguna untuk tahu persis apa yang Anda lakukan dengan data mereka (pengunjung). Kurang lebihnya itulah pentingnya memiliki privacy dan disclaimer untuk menjaga seutuhnya situs kita, agar tidak terkena hukum di negara kita, tentu Indonesia yanng kita cintai ini.



Cara Membuat Halaman Disclaimer

Cara membuat halaman disclaimer ini, kita menggunakan bantuan situs generator untuk membuat disclaimer dan privacy policy yaitu: privacypolicyonlaine.com. Cara membuat disclaimer ini terhitung mudah dan tidak membutuhkan uang untuk membayar ahli hukum, karena membuat disclaimer ini gratis.
1. Pertama silahkan kunjungi tool penyedia disclaimer http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/.
2. Pada halaman tersebut, silahkan isi formulir yang valid sesuai dengan situs atau blog Anda. Lihat contoh di gambar di bawah ini:

    • Your Site Title : Tulis nama blog atau website Anda
    • Your Site URL : Alamat blog Anda
    • Contact Link : Laman contact us Anda
    • Email Address : Email untuk menghubungi Anda.
    • Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau tidak pakai Encryption, HTML atau JavaScript.

3. Setelah Anda mengisi formulir yang valid, klik pada Generte disclaimer untuk membuat disclaimer.
4. Pada halaman ini, copy semua kode disclaimer yang terdapat di situs tersebut untuk di pasang di blog, bisa sebuah website, blogger (blogspot) ataupun wordpress. Lihat contoh kode di gambar di bawah ini:
5. Pada tahap ini Anda sudah selesai dalam pembuatan disclaimer, tinggal menambahkan disclaimer di blog berdampingan dengan privacy policy Anda.

Cara Menambahkan Disclaimer di Blogger

Karena situs ini menggunakan plaform blogger, maka saya membuat tutorial ini untuk Anda pengguna plaform blogger atau blogspot, untuk Anda yang menggunakan wordpres, Anda bisa mencari tutorial cara membuat disclaimer di wordpress pada pencarian google.
1. Silahkan masuk di dasboard blogger Anda. Kemudian klik pada Pages -> New Page.
2. Setelah Anda masuk pada halaman baru, silahkan Isi Judul Laman denga Disclaimer, selanjutnya geser pada mode HTML, lalu pastekan kode disclaimer yang sudah Anda buat tadi. Lihat gambar: .
3. Setelah selesai, silahkan pibliskan disclaimer tersebut dan selesai Anda membuat disclaimer. Untuk memunculkan disclaimer di menu, silahkan masukkan di menu.Nah itulah cara mudah membuat disclaimer diblog, semoga bermanfaat bagi Anda dan semua pembaca Ini Rifany. Nah bagi Anda yang munngkin kurang paham atau masih merasa kesulitan silahkan memberi tanggapan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.
logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog dengan url https://inirifany.blogspot.com/2017/11/membuat-disclaimer-untuk-blog-anda.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog, Supaya blog di terima di pendaftaran google adsense Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar