DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Juni 23, 2018

11 penyebab Kenapa Iklan Adsense Tidak Tampil di Blog dan Bagaimana Mengatasinya

Baca Juga

Ketika iklan Adsense tidak tampil di blog, tidak sedikit blogger yang tidak memiliki petunjuk apapun bagaimana memecahkannya. Sampai sekarang pun, tidak ada tool tersedia untuk mengatasinya. Saya biasanya memeriksa secara manual terhadap blog bersangkutan lalu mencoba beberapa opsi untuk mencari apa yang salah.

Walaupun cara kerja google adsense boleh dibilang cukup mudah, bukan berarti tidak terlepas dari permasalahan, salah satu permasalahan yang kerap sekali dialami oleh para publisher google adsense adalah iklan tidak mau tayang /blank maupun tidak muncul sama sekali, padahal kode iklan sudah dipasang dengan baik.
11 penyebab Kenapa Iklan Adsense Tidak Tampil di Blog dan Bagaimana Mengatasinya


Untuk para publisher google tentu saja permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang sangat serius, karena jika dibiarkan iklan tidak tayang, itu artinya pendapatan dari google adsense pun tidak akan mereka dapatkan.

 Adsense saat ini menjadi salah satu media periklanan yang cukup banyak digemari dan di minati, alasanya karena media periklanan yang satu ini dianggap sebagai salah satu media periklanan yang mampu membayar publishernya dengan harga yang tinggi.

karena cara kerja iklan google adsense pun tidak lah rumit, anda cukup memasang iklan google adsense di halaman blog atau situs anda, jika iklan diklik oleh pengunjung maka anda akan medapatkan komisi yang besar kecilnya ditentukan oleh nilai BPK atau biaya perklik dari iklan tersebut.


Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa iklan google adsense tidak mau tampil di blog, dan jika diketahui penyebabnya maka kita bisa mengetahui bagaimana cara memperbaikinya, jika penyebabnya bukan banned tentu tidak tampilnya iklan di blog akan bisa di atasi.

Berikut Beberapa faktor penyebab iklan adsense yang sering terjadi

1. Unit iklan baru
Apakah Anda baru saja membuat unit iklan baru? Pada umumnya, iklan akan mulai ditampilkan 15 menit setelah unit iklan dibuat. Tapi terkadang, butuh waktu hingga 1 jam lamanya sampai iklan tampil. Untuk itu, jika Anda baru saja membuat unit iklan baru, tidak perlu panik. Coba refresh halaman setiap 5 menit, dan jika setelah 1 jam iklan tidak tampil juga, baru Anda berusaha cari apa penyebabnya.

Sudah sering mengalami ini saat seseorang menanyakan dan minta bantuan kepada saya, saya hanya mengatakan coba tunggu sampai 1 jam, dan biasanya masalah akan teratasi dengan sendirinya.

2. Skrip iklan belum terpasang
Ini mungkin terdengar aneh. Tapi saya benar-benar menemukan banyak orang mengeluh kenapa iklannya tidak tampil, padahal ia sesungguhnya belum menempatkan script Adsense di blognya.

Banyak orang menggunakan widget pada CMS yang digunakan untuk memasang iklan Adsense, dan ini sangat memungkinkan widget Adsense tidak bekerja dengan benar. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa source code halaman.

Klik kanan pada halaman, lalu klik “Lihat sumber halaman”. Sekarang coba cari script Adsense pada kode sumber. Apakah Anda menemukan kode script iklan terpasang dengan benar? Jika tidak, coba periksa setting widget atau blog Anda. Pastikan juga Anda menggunakan PUB-ID yang benar dan script terpasang dengan sintaks yang benar.

3. Verifikasi PIN
Jika pihak Adsense telah mengirimkan PIN tapi Anda tidak memasukkan ke akun Adsense Anda, maka iklan Anda tidak akan ditampilkan lagi, sampai Anda berhasil memverifikasi alamat Anda.

4. Akun adsense anda masih dalam keadaan di review
Penyebab yang pertama kenapa iklan adsense tidak mau tayang di blog bisa jadi karena akun adsense anda masih dalam proses pendaftaran dan masih di review oleh pihak google.

Jika anda baru mendaftar adsense dan anda diminta untuk memasang iklan namun anda belum sama sekali mendapatkan email pemberitahuan dari google bahwa pendaftaran anda diterima sepenuhnya, itu artinya proses pendaftaran anda masih dalam tahap review. iklan biasanya tidak akan tampil dan biasanya hanya menampilkan runga kosong saja alias blank.

Jadi jangan heran ketika akun adsense anda masih baru dan anda diminta untuk memasnag iklan itu artinya akun adsense anda masih dalam tahap review, jika rivew di terima iklan akan tayang secara otomatis.

5. Jenis akun adsense anda hosted dan anda pasang di blog top level domain (TLD)
Penyebab yang ketika kenapa iklan adsense tidak mau tampil, bisa dikarenakan anda memasang iklan adsense di blog pribadi yang sudah dicustomisasi (TLD), sementara iklan adsense yang dipasang berasal dari akun adsense yang masih hosted.

Akun adsense hosted adalah akun adsense yang diperoleh melalui pendaftaran video youtube atau blog yang masih berdomain .blogspot.com, sedangkan akun adsense non-hosted adalah akun adsense yang diperoleh melalui pendaftaran blog top level domain.

Iklan adsense hosted memiliki keterbatasan, iklan hanya bisa dipasang di blog yang masih blogspot saja atau di video youtube saja.

Jika akun adsense anda kebetulan hosted namun anda ingin agar iklan dari akun adsense tersebut bisa muncul di halaman blog top level domain anda, maka salah satu caranya adalah anda harus mengupgrade akun adsense hosted tersebut agar menjadi non-hosted

6. Konten blog melanggar kebijakan dan tidak sesuai dengan TOS google.
Penyebab berikutnya kenapa iklan adsense menghilang tidak tampil di halaan blog bisa jadi karena adanya konten yang anda buat tidak sesuai dengan kebijkan google adsense.

Iklan google adsense sangat sensitif sekali, jika di dalam artikel ada kata-kata yang dianggap melangar kebijakan iklan tidak akan muncul.

Solusi untuk mengaktifkan kembali iklan adsense tersebut agar muncul kembali adalah, menghapus atau mengganti kata-kata yang dianggap melanggar kebijakan.

Hati-hati-dengan kata kata yang tidak sesuai dengan kebijakan adsense, karena jika anda tidak merasa membuatnya bisa jadi kata tersebut muncul di nama komentator maupun isi komentar blog anda, jadi sagat penting  sekali memoderasi komentar di blog anda yang kebetulan dipasangi dengan iklan google adsense.

7.Iklan pernah dinon-aktifkan sebelumnya
Jika akun Anda sebelumnya pernah dinon-aktifkan menampilkan iklan di blog tertentu karena pelanggaran tertentu, maka butuh waktu hingga 48 jam agar iklan tampil kembali.

8. Terlalu banyak widget dan script
Apakah Anda terlalu banyak menggunakan widget dan script di blog? Beberapa di antaranya mungkin memblokir iklan Anda. Sebagai langkah awal, coba catat semua widget atau script yang Anda gunakan di blog. Kemudian buang dulu semuanya. Cek, apakah iklan Adsense bisa tampil setelah memberinya waktu load yang lebih banyak.

Jika ternyata iklan dapat tampil, maka Anda dapat menambahkan widget dan script tadi satu per satu, untuk menemukan mana yang bermasalah dengan iklan Adsense Anda.

9. Script asinkron
Apakah Anda menggunakan kode iklan asinkron? Ini adalah tergolong script terbaru Adsense dan merupakan cara yang lebih efisien untuk menayangkan iklan, dan secara umum sangat bermanfaat untuk me-load iklan tanpa banyak mempengaruhi waktu pemuatan halaman.

Namun demikian, diketahui pula, bahwa kode asinkron ini memiliki masalah kompatibilitas dengan banyak script lainnya. Beberapa skrip lainnya, mungkin memblokir kode asinkron Adsense Anda untuk menampilkan iklan.

Untuk itu, cobalah menggunakan kode iklan Adsense biasa, dan lihat apakah bisa bekerja dengan baik. Jika ya, baru kemudian Anda cari script mana yang kira-kira bermasalah dengan skrip  asinkron Adsense.

10. Review tahap kedua
Google menerapkan 2 tahap review dalam proses persetujuan Adsense. Pada saat Anda mendaftar, Anda akan dapatkan jawaban cepat, persetujuan tahap pertama. Pada tahap ini, Anda sudah bisa membuat unit iklan dan memasangnya di blog. Namun, alih-alih menampilkan iklan sesungguhnya, Anda hanya akan melihat space kosong.

Nah, setelah iklan yang terpasang tadi mulai mendapat impresi, maka akun Anda akan masuk ke daftar antrian, lalu pada gilirannya tim Adsense akan me-review-nya. Hanya setelah Anda lolos dalam proses review kedua inilah, iklan akan ditayangkan.

11.  Di Browser yang anda gunakan terpasang Adblock
Penyebab berikutnya kenapa iklan adsense tidak muncul di halaman blog anda bisa dikarenakan  oleh plugin adblock yang terpasang di browser yang anda gunakan.

Adblock memang terkadang sengaja dipasang agar ketika berselancara diinternet bisa terhindar dari iklan, dengan memasang adblock pada browser iklan-iklan yang muncul baik di halaman blog maupun video tidak akan ditayangkan.

Begitu juga untuk iklan google adsense, jika di browser yang anda gunakan terpasang adblock, maka sudah dapat dipastikan iklan tidak akan tayang sama sekali, terkadang blank dan terkadang memang tidak tayang.


Itulah beberapa penyebab kenapa iklan dari google adsesne tidak mau tampil atau tayang di halaman blog anda, baik blank maupun tidak tampil sama sekali, semoga dengan adanya artikel di atas anda bisa mengetahui penyebabnya dan anda bisa melakukan perbaikan sehingga iklan adsense bisa tayang di halaman blog anda dan penghasilan dari google adsense pun bisa anda dapatkan.


Sebagai tambahan, coba Anda lakukan beberapa hal berikut:
Coba pasang kode Adsense di blog lainnya, dan lihat apakah iklan bisa tampil
Coba gunakan ukuran iklan berbeda
Coba pasang kode Adsense milik orang lain, dan lihat apakah iklan bisa tampil
Coba lokasi penempatan lain


logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul 11 penyebab Kenapa Iklan Adsense Tidak Tampil di Blog dan Bagaimana Mengatasinya dengan url https://inirifany.blogspot.com/2018/06/11-penyebab-kenapa-iklan-adsense-tidak-tayang.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar