DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Juli 13, 2018

Cara Mudah Membuat Widget Recent Comments Sederhana Untuk Blogger

Baca Juga

Assalamualaikum, Komentar merupakan serangkaian penuturan fakta, pendapat, atau hasil pengamatan yang mengandung kritik atau tanpa kritik. Sedangkan widget komentar terbaru atau recent comment blog adalah aplikasi yang menampilkan beberapa kumpulan komentar terbaru dari pengunjung atau pembaca di blog.
Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan anda dan pengunjung untuk mengetahui komentar terakhir yang baru saja masuk ke blog anda tanpa harus login terlebih dahulu ke akun blogger. Disamping itu widget ini juga dapat membantu anda untuk mengetahui sejauh mana terkenalnya artikel yang anda buat serta melakukan penilaian terhadap artikel anda sendiri dengan membaca komentar dari para pengunjung.
Dilihat dari penjelasan diatas, widget ini sangat penting untuk diaplikasikan ke blog. Maka dari itu sesuai dengan topik kita hari saya akan berbagi bagaimana cara membuat dan memasang widget ini di blog atau website.

Widget ini akan menampilkan komentar blogger yang paling akhir berkomentar, sebagai contoh jika kamu berkomentar pada artikel ini, maka akan muncul komentar kamu di widget Recent Comments pada sidebar blog saya ini.

 Cara Mudah Memasang Widget Recent Comments For Blogger
 
Sobat perlu masuk Tata Letak - Tambahkan Gadget dan sobat tambahkan HTML/Javascript dan sesuaikan masing-masing kolom. Perhatikan gambar berikut :

Cara Mudah Membuat Widget Recent Comments Sederhana Untuk Blogger

Beri judulnya, kalau saya memberi judulnya menjadi "Recent Comments" seperti yang sobat lihat sendiri digambar tersebut. Selanjutnya di bagian Konten sobat hanya perlu copy kode berikut ini :



<script>
var a_rc = 5;
var m_rc = false;
var n_rc = false;
var o_rc = 100;
function showrecentcomments(e){for(var r=0;r<a_rc;r++){var t,n=e.feed.entry[r];if(r==e.feed.entry.length)break;for(var i=0;i<n.link.length;i++)if("alternate"==n.link[i].rel){t=n.link[i].href;break}t=t.replace("#","#");var a=t.split("#");a=a[0];var c=a.split("/");c=c[5],c=c.split(".html"),c=c[0];var s=c.replace(/-/g," ");s=s.link(a);var o=n.published.$t,l=(o.substring(0,4),o.substring(5,7)),u=o.substring(8,10),m=new Array;if(m[1]="Jan",m[2]="Feb",m[3]="Mar",m[4]="Apr",m[5]="May",m[6]="Jun",m[7]="Jul",m[8]="Aug",m[9]="Sep",m[10]="Oct",m[11]="Nov",m[12]="Dec","content"in n)var d=n.content.$t;else if("summary"in n)var d=n.summary.$t;else var d="";var v=/<\S[^>]*>/g;if(d=d.replace(v,""),document.write('<div class="rcw-comments">'),1==m_rc&&document.write("On "+m[parseInt(l,10)]+" "+u+" "),document.write('<span class="author-rc"><a href="'+t+'">'+n.author[0].name.$t+"</a></span> "),1==n_rc&&document.write(" on "+s),0==o_rc)document.write("</div>");else if(document.write(": "),d.length<o_rc)document.write("<i>&#8220;"),document.write(d),document.write("&#8221;</i></div>");else{document.write("<i>&#8220;"),d=d.substring(0,o_rc);var w=d.lastIndexOf(" ");d=d.substring(0,w),document.write(d+"&hellip;&#8221;</i></div>"),document.write("")}}}
</script>
<script src=https://inirifany.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments></script>


Yang sobat perlu sesuaikan beberapa hal berikut ini :

var a_rc = 5Atur angka 5 menjadi Jumlah Komentar yang ingin kamu tampilkan pada widget tersebut.
var m_rc = falseKamu perlu Sesuaikan False menjadi true jika kamu ingin menampilkan tanggal komentar itu terbit.
var n_rc = falseKamu Perlu Sesuaikan False menjadi true jika kamu ingin menampilkan judul posting pada komentar tersebut.
var o_rc = 100Sesuaikan nilai 100 dengan Jumlah Karakter komentar yang tampil pada komentar tersebut.

Yang terakhir sesuaikan alamat blog "https://inirifany.blogspot.com" dengan alamat blog sobat sendiri, selanjutnya klik Simpan.

Untuk mengatur tampilannya agar lebih rapih, sobat bisa masuk ke Tema terus masuk ke Edit HTML dan tambahkan CSS berikut ini :

/* RECENT COMMENTS */
.rcw-comments {line-height:1.2;border-bottom: 2px dotted #efefef;padding-bottom:5px;margin-bottom:8px}
.rcw-comments a {text-transform:capitalize}
span.author-rc :before{content:"\f14b";font-family:FontAwesome;font-style:normal;font-weight:normal;text-decoration:inherit;margin-right:6px}
span.author-rc :before{content:"\f0e6";color:#777777}

Jika sudah sobat bisa klik Simpan Tema dan lihat hasilnya.

NB : Tambahan

menampilkan logo komentar disamping widgetnya. Jika sobat tidak menggunakan font awesome sobat bisa menambahkan CSS berikut ini yang lebih sederhana.


/* RECENT COMMENTS */
.rcw-comments {line-height:1.2;border-bottom: 2px dotted #efefef;padding-bottom:5px;margin-bottom:8px}
.rcw-comments a {text-transform:capitalize}

Namun jika sobat ingin tetap menggunakan icon komentar tersebut sobat bisa menambahkan script berikut ini sebelum kode </body> pada template sobat.


<link href='//cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/font-awesome/4.7.0/css/font-awesome.min.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>

Sudah segitu saja cara Membuat Widget Recent Comments untuk Komentar Blogger, jika ada yang sobat bingungkan sobat bisa komentar dan kita bahas di kolom komentar saja. Selamat mencoba.

wassallamualaikum...
logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mudah Membuat Widget Recent Comments Sederhana Untuk Blogger dengan url https://inirifany.blogspot.com/2018/07/cara-mudah-membuat-widget-recent-Comments-blogger.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Widget ini akan menampilkan komentar blogger yang paling akhir berkomentar, sebagai contoh jika kamu berkomentar pada artikel ini, maka akan muncul komentar kamu di widget Recent Comments pada sidebar blog saya ini. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar