DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Juli 26, 2018

Penting! Dampak Negatif Smartphone Terhadap Tubuh dan Otak dan Psikologi

Baca Juga

Penting! Dampak Negatif Smartphone Terhadap Tubuh dan Otak dan Psikologi
Banyak orang tentu setuju dengan pernyataan bahwa smartphone merupakan gadget praktis yang mudah dibawa kemana-mana. Selain mempermudah pekerjaan, terdapat suatu kebanggaan pula jika seseorang memiliki smartphone jenis terbaru. Munculnya gadget telah mengubah gaya hidup manusia. Tanpa perlu khawatir saat berjauhan dengan keluarga maupun pasangan, kita tetap dapat berkomunikasi melalui smartphone yang kita punya. Tak hanya memiliki efek positif, smartphone juga memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh.  inilah fakta yang perlu diwaspadai dari smartphone :

Berikut Pengaruh Smartphone Bagi Kesehatan Fisik dan Kesehatan Psikologis

1. Berat badan bertambah

Dari smartphone Anda dapat mengakses film, game, maupun berbagai aplikasi media sosial yang beragam jenisnya. Hal ini akan membuat Anda lebih sering menghabiskan waktu dengan smartphone dan mengurangi aktivitas fisik Anda. Akibatnya, tubuh akan mengalami penambahan berat badan yang berlebih (obesitas) maupun penyakit kronis.

2. Mengganggu pola tidur

Ketahuilah bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat mengganggu produksi hormon melatonin Anda. Hormon-hormon ini berfungsi untuk mengatur pola tidur Anda.

3. Smartphone dapat berujung pada kecelakaan

Jika Anda kurang aktif, otot-otot dalam tubuh Anda akan melemah bersama dengan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh . Hal ini pada akhirnya membuat Anda rentan terhadap cedera fisik. Terlalu fokus pada smartphone tanpa sadar dapat menyebabkan kecelakaan. Misalnya saja melakukan SMS pada saat mengemudi atau fokus menatap layar smartphone saat berjalan.

5. Interaksi sosial

Penggunaan smartphone dapat mempengaruhi mood dan kenyamanan hati, terutama jika kamu berada di dalam dalam percakapan grup. Hal tersebut bisa menyita perhatian kamu daripada lingkungan sekitar kamu.

Jelas hal ini mengurangi kemampuan kognitif dalam bersosialisasi dengan orang lain secara langsung dan bisa membuat kamu jadi pribadi yang tertutup.

6. Menurunkan daya ingat

Smartphone merupakan salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam hidup. Namun secara tidak langsung, smartphone juga bisa menurunkan daya ingat kamu.

Hal ini dikarenakan pengguna smartphone terlalu menggantungkan kebutuhannya pada gadget, sehingga tidak berusaha untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengingat sesuatu hal.

7. Melemahkan penalaran induktif

Dengan adanya akses internet, maka kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi apapun yang tidak kamu ketahui melalui Google, Akan tetapi ketergantungan terhadap hal tersebut menjadi bumerang bagi kamu.

8. Ketergantungan

Pengguna smartphone akan merasa sebagian kehidupanya hilang, ketika smartphone miliknya Rusak atau Hilang.


Gordon Pennycook, Seorang Psikologi Kognitif dari University of Waterloo, mengungkapkan ketergantungan pada internet telah menurunkan kecerdasan mental dan kemampuan untuk memecahkan masalah.

Oleh karena itu jangan sampai Anda berlebohan dalam menggunakan smartphone. Tetap luangkan waktu untuk menikmati indahnya hidup tanpa terus bergantung pada smartphone Anda.

 Setelah kamu membaca artikel diatas, apakah kamu masih akan menggunakan smartphone secara berlebihan?

Smartphone memang kebutuhan penting dalam kehidupan di jaman sekarang, namun kesehatan tetap menjadi hal yang lebih penting daripada sebuah smartphone.

Gunakan lah smartphone dengan sewajarnya, dan jangan sia-siakan waktu berharga yang kamu miliki untuk dapat kamu gunakan ke hal-hal yang lebih penting.
logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Penting! Dampak Negatif Smartphone Terhadap Tubuh dan Otak dan Psikologi dengan url https://inirifany.blogspot.com/2018/07/penting-dampak-negatif-smartphone.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Berikut Pengaruh Smartphone Bagi Kesehatan Fisik dan Kesehatan Psikologis Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar