DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Juli 18, 2018

Tempat Paling Aman Menyimpan File Penting secara Online dan Offline

Baca Juga

Tempat Paling Aman Menyimpan File Penting secara Online dan Offline

Semakin lama, perkembangan Zaman dan teknologi di dunia tentu semakin pesat dan membaik. Satu hal lagi yang pasti yaitu, perkembangan tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam menyediakan kebutuhan kehidupan kita.

Mungkin sebagian dari kita sangat menyukai inernet. Bisa dikatakan tidak terbiasa jika dalam sehari tidak berinteraksi dengan dunia maya. Saat berinteraksi dengan internet, sangat dimungkinkan seorang pengguna internet untuk mengunggah berbagai data lalu kemudian menyimpan data tersebut ke tempat penyimpanan data apakah itu memori SD card, Flashdisk dan lain sebagainya.




Salah satu kebutuhan di era digital saat ini adalah bagaimana cara menyimpan file atau data di internet secara gratis dan aman agar mudah di akses kapanpun dimanapun.


Apakah Aman Menyimpan File pribadi Secara Online?

Di internet tidak ada hal yang bisa bersifat rahasia atau aman, sekalipun tepat tersebut dijamin oleh tempat penyedia layanan. Akhir-akhir ini begitu marak kasus pembobolan file pribadi berupa foto di internet. Tak tanggung-tanggung si pembobol mengincar para selebriti-selebriti dunia dan menjual fotonya di internet.

Belajar dari kasus tersebut tentu kita berpikir ulang untuk menyimpan file pribadi kita di internet. Mengunggah file di tempat penyedia layanan tersebut berarti kita telah menyetujui seluruh kebijakan yang ditawarkan. Termasuk kebijakan jika file yang kita simpan di intip oleh si penyedia layanan dengan alasan menghindarkan berkas penyimpanan dari virus ataupun malware. Tidak ada jaminan situs penyedia layanan tersebut tidak akan melihat file yang kita simpan. Oleh karena itu berpikirlah terlebih dahulu jika anda ingin menyimpan file yang sifatnya pribadi.


Apakah Aman Menyimpan File Penting Di Media Penyimpanan Nyata?

Jika penyimpanan online tidak aman, apakah menyimpan file di komputer ataupun smartphone aman? Untuk menjawab pertanyaan ini anda perlu mengetahui beberapa hal. Yang pertama adalah dari segi keamanan memang media penyimpanan nyata lebih dapat kita percaya. Sangat banyak tips dan trik untuk mengamankan data contohnya memberi password pada file, menyembunyikan file, bahkan membatasi hak akses user di komputer atau smartphone anda. Namun ada bahaya lain yang lebih mengancam, yakni kerusakan data dan media penyimpanan seperti hardisk yang terformat, hardisk yang rusak, memory card yang hilang, dan lain sebagainya. Kita juga tidak bisa mengetahui siapa saja yang membuka komputer atau smartphone yang kita miliki dan diam-diam mencuri file yang ada di dalamnya.


Dimana Tempat Paling Aman Menyimpan File Pribadi?
Karena kedua cara menyimpan data di dunia nyata maupun dunia maya tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri alangkah baiknya jika anda menggunakan keduannya secara bersamaan dengan catatan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Tips Menyimpan File Secara Online

Berikut beberapa tips agar anda dapat menyimpan berkas anda di internet secara aman.
Simpanlah data yang penting namun tidak berhubungan dengan data pribadi anda, misalkan dokumen tugas kuliah, dokumen pekerjaan, file musik, foto yang bersifat umum, dan lain sebagainya.

Jangan simpan file yang berhubungan dengan data pribadi anda misalkan saja foto, biodata, dan kartu identitas. Sebab jika data-data ini dicuri orang maka data pribadi tersebut dapat digunakan sebagai kedok untuk melakukan tindakan kriminal. Tentunya anda tidak ingin terjadi kasus pencurian uang dengan melibatkan ktp yang anda miliki.


Jangan simpan secara online file-file yang berhubungan dengan keuangan, contohnya saja buku tabungan, alamat rekening, alamat paypal dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari akun tempat menyimpan uang anda di bobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Jangan mudah percaya dengan tawaran media penyimpanan online sacara gratis di internet. Sekarang banyak website-website baru bermunculan untuk menawarkan penyimpanan berkas secara online, bisa jadi salah satu website tersebut adalah jebakan agar anda tergiur dan mengupload file pribadi anda kesana. Saya sarankan pakailah penyedia layanan online yang telah memiliki reputasi dan kredibilitas tinggi seperti dropbox milik yahoo, google drive milik google, dan skydrive milik microsoft.

Tambahkanlah password yang sulit ditebak orang pada media penyimpanan yang anda miliki, dan ingat password itu baik-baik. Jangan tuliskan password tersebut di komputer atau smartphone anda miliki.

Pastikan untuk log out akun media penyimpanan anda sebelum meninggalkan komputer, laptop, atau smartphone sekalipun itu komputer, laptop, atau smartphone anda sendiri.

Selain itu jangan pernah mengatur browser internet anda untuk mengingat password yang anda miliki, jika anda mengatur password untuk di ingat oleh browser internet, maka ketika ada orang yang mengakses media penyimpanan tersebut, dia hanya perlu klik login untuk bisa masuk ke akun anda.



Tips Menyimpan File Di Media Penyimpanan Nyata

Beberapa cara agar anda bisa menyimpan file secara aman di komputer atau laptop anda adalah:
Batasi hak akses user yang dapat masuk ke komputer anda dengan password. Dan buatlah acount guest untuk komputer anda.

Buatlah backup data-data anda setiap 1 bulan. Hal ini untuk menghindari saat komputer di serang virus, atau terjadi kerusakan hardisk.

Scan selalu hardisk yang anda miliki untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan hardisk. Jika terjadi kerusakan yang cukup banyak di hardisk anda mulailah untuk memindahkan data-data penting anda dan meletakkannya di tempat yang baru.

Jaga selalu kondisi media penyimpanan anda dari kerusakan yang disebabkan oleh debu, temperatur, tegangan listrik, air, dan kelembapan udara.

Jika anda menyimpan data di hardisk eksternal jangan dekatkan hardisk anda dengan benda-benda yang mengandung magnet kuat dan simpanlah di tempat yang terkunci seperti lemari alat laci meja.

Itu tadi beberapa tips untuk melindungi data anda baik di media penyimpanan online atau nyata. Lindungilah data-data anda agar terhindar dari tindak kejahatan yang merugikan.


Keuntungan Memakai Media Penyimpanan Online


Menyimpan file secara online ternyata juga menguntungkan kita, beberapa keuntungan itu adalah:
Tidak memerlukan media penyimpanan fisik

Karena bentuk media penyimpanan fisiknya tidak ada, secara otomatis kita akan lebih menghemat tempat. Kita juga tidak perlu repot membawa media penyimpanan fisik, apalagi jika kita bekerja secara mobile, yang kita perlukan hanyalah koneksi internet untuk mengunduh file tersebut.

Menghemat biaya

Karena kita bisa mendaftar secara gratis pada web penyedia media penyimpanan online, tentu saja kita tidak perlu membeli lagi flashdish atau hardisk baru untuk menyimpan file yang kita miliki. Meskipun acount gratis hanya diberikan ruangan sebesar 2-4GB namun itu sudah lebih dari cukup, jika kurang kita hanya perlu membuat acount baru lagi.

Dapat difungsikan sebagai backup

Keuntungan lain dari media penyimpanan online ialah kita bisa menjadikan media penyimpanan online ini sebagai backup dari data fisik yang berada di komputer kita, sehingga kita tidak takut dan was-was lagi akan kehilangan data.

Bisa diakses dimana saja

Jika data yang sangat penting bagi anda tertinggal di rumah pasti hal itu akan sangat merugikan anda. Dengan media penyimpanan online anda tidak perlu khawatir data anda tertinggal di rumah ataupun di suatu tempat. Karena dimanapun anda berada, dapat mengakses data tersebut dengan bantuan koneksi internet.
Kemajuan media penyimpanan harus diimbangi dengan pengetahuan tentang media penyimpanan juga, agar dapat terhindar dari hal-hal negatif yang merugikan.  Demikian artikel mengenai Tempat Paling Aman Menyimpan File Pribadi yang dapat saya berikan. Semoga artikel Tempat Paling Aman Menyimpan File Pribadi ini dapat bermanfaat bagi anda.

logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Tempat Paling Aman Menyimpan File Penting secara Online dan Offline dengan url https://inirifany.blogspot.com/2018/07/tempat-paling-aman-menyimpan-file.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Kemajuan media penyimpanan harus diimbangi dengan pengetahuan tentang media penyimpanan juga, agar dapat terhindar dari hal-hal negatif yang merugikan. Demikian artikel mengenai Tempat Paling Aman Menyimpan File Pribadi yang dapat saya berikan. Semoga artikel Tempat Paling Aman Menyimpan File Pribadi ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar