DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Juli 20, 2018

Cara Terbaik Mengatasi Mata Lelah Karena Hp / Gadget Smartphone

Baca Juga

Cara Terbaik Mengatasi Mata Lelah Karena Hp / Gadget Smartphone - Hallo sahabat inirifany,saat ini ponsel cerdas android sudah sangat merakyat, hampir semua orang memiliknya.Dan sekarang sudah menjadi salah satu barang yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. percaya atau tidak sobat inirifany? Sebelum Tidur  yang kita lakukan adalah bermain game atau sekadar chatting dengan orang-orang terdekat dan yang terakhir dilihat pasti HP? setelah bangun tidur, yang pertama dilihat adalah notifikasi atau pemberitahuan hp.


Cara Terbaik Mengatasi Mata Lelah Karena Hp / Gadget Smartphone
Cara Terbaik Mengatasi Mata Lelah Karena Hp / Gadget Smartphone
Tapi Tahukah sobat inirifany bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukan hingga tahun 2016, ternyata orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu hingga 5,5 jam dalam sehari untuk menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya fitur yang ditawarkan oleh ponsel pintar ini, bukan tidak mungkin bahwa waktu penggunaannya akan semakin meningkat.

Kebiasaan menggunakan HP ternyata memiliki dampak negatif bagi tubuh kita. Mata kita adalah organ tubuh yang bekerja paling keras saat menggunakan HP. Oleh karena itu, dampak-dampak negatif ini terutama sangat terasa pada mata. Hal ini disebabkan oleh sinar radiasi yang terpancar dari HP.

Dan Ketika sobat inirifany sering melihat gadget, seperti komputer, ponsel pintar maupun komputer tablet,dalam waktu lama dan tanpa istirahat? Kalau iya, hati-hati, karena jika tidak diantisipasi dengan baik, Anda bisa terkena sindroma mata lelah, yang tak cuma mengganggu penglihatan, tetapi juga memengaruhi kondisi tubuh.


Ketika mata mengalami kelelahan, atau istilah kedokterannya astenopia, pupil lambat bereaksi terhadap cahaya karena telah berlebihan terkena cahaya. Beberapa hasil penelitian di Amerika dan Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rata-rata empat jam atau lebih per hari menatap layar gadget memiliki risiko mengalami sindroma mata lelah. Hal itu karena otot-otot mata dipaksa bekerja keras, terutama saat harus melihat objek dekat dalam jangka waktu lama.

Ketika otot mata menjadi letih, maka mata akan terasa tidak nyaman atau sakit, perih, panas, iritasi akibat mata yang kering, mengantuk, merah dan berair. Kondisi-kondisi itu dapat memengaruhi pandangan sehingga penglihatan pun terasa buram, ganda, dan kemampuan melihat warna menurun. Tak jarang, gejala-gejala itu juga diikuti sakit kepala, bahu, punggung dan pinggang, vertigo serta kembung. “Bahkan bisa berpengaruh pula terhadap hormon-hormon yang mengatur kekebalan tubuh, seperti melatonin," .


Berikut adalah beberapa penyakit mata akibat radiasi HP yang perlu Anda ketahui:

    Katarak


Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa radiasi HP dapat menimbulkan penyakit katarak. Gelombang radio yang dipancarkan oleh HP dapat menyebabkan jaringan mata “menggelembung” yang merupakan gejala awal munculnya katarak. Energi panas yang dipancarkan sinar radiasi juga dapat membuat penglihatan menjadi buram dan susah fokus. Bahkan, pada beberapa kasus tertentu radiasi dari HP dapat menjadi penyebab munculnya kanker mata.

    Blurry Vision

Penyakit mata akibat radiasi HP selanjutnya adalah blurry vision. Saat memandangi layar HP dalam waktu yang lama, otot mata akan menjadi tegang. Otot mata yang tegang membuat mata kita tidak mampu untuk fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda. Hal inilah yang disebut dengan blurry vision atau penglihatan kabur.

    Kerusakan Retina

Bagian lainnya yang berpotensi dirusak oleh bahaya radiasi HP pada mata adalah retina. Paparan langsung radiasi serta sinar biru dari layar HP dapat menyebabkan kerusakan pada retina atau degenerasi makula. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral, yaitu kemampuan untuk melihat benda yang ada di depan kita.

    Blepharitis

Gangguan mata ini ditandai oleh kelopak mata yang memerah dan bengkak. Kondisi ini muncul karena penggunaan HP yang terlalu lama sehingga menimbulkan bahaya radiasi HP pada mata. Blepharitis juga dapat disebabkan oleh menurunnya frekuensi kedipan mata saat seseorang menatap layar. Ketika mata kurang berkedip, maka air mata akan menguap dan mata kita menjadi lebih cepat kering dan tidak nyaman. Baca juga: Penyakit Mata Astigmatisma.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Moorfield’s Eye Hospital di London, penyakit ini banyak muncul pada pekerja kantoran yang bekerja di depan layar komputer. Oleh karena itu, penyakit ini sering disebut sebagai Computer Vision Syndrome (CVS) atau Digital Eye Strain (ketegangan mata yang disebabkan oleh alat digital).

Adapun gejala yang biasa dialami oleh penderita blepharitis adalah mata menjadi kering, kelelahan, dan muncul perasaan mata seperti berpasir. Terlebih lagi, hampir sebagian besar pekerja kantoran bekerja di ruangan yang memiliki AC. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengantarkan pada penyakit-penyakit lainnya yang lebih serius. Gangguan penglihatan ini dapat ditanggulangi dengan menggunakan obat tetes mata apabila mata sudah terasa kering.


Untuk mengurangi risiko sobat inirifany terkena gangguan mata lelah akibat terlalu lama menggunakan gadget / smartphone, perhatikan beberapa hal berikut ini.


Memberi jeda untuk mengistirahatkan mata

Memberikan jeda disaat Anda sedang melihat hp. Tujuannya adalah agar mata bisa beristirahat agar tidak terlalu kelelahan karena lama menatap layar hp.


Jarak antara mata dengan layar.

Jangan terlalu mendekatkan layar gadget Anda ke mata. Agar mata tetap nyaman, atur jarak gadget Anda 30-50cm dari mata,Perhatikan juga letaknya, sebaiknya agak lebih rendah dari ketinggian mata, setidaknya bagian tengah layar gadget Anda antara 10-23cm di bawah posisi mata.


Mengatur pencahayaan layar hp

Jika Anda adalah seorang yang dituntut untuk bisa menatap layar hp dalam waktu lama hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan setting pencahayaan pada layar hp Anda. Karena sinar yang masuk ke mata biasanya akan berpengaruh terhadap fokus mata Anda. Jangan mengatur pencahayaan dengan high kontras 100% dan brightness 100% karena malah akan semakin memicu mata Anda mengalami kelelahan. Anda bisa mengatur layar handphone menjadi 75% untuk kontras dan 70% untuk brightnya untuk menghindari mata yang kelelahan.

Pencahayaan ruangan.

Sebaiknya cahaya ruangan tempat Anda beraktivitas dengan gadget tidak terlalu terang maupun redup. Cahaya ruangan yang terlalu terang akan membuat silau dan mengganggu penglihatan. Sementara ruangan yang terlampau gelap dapat mempercepat kelelahan mata karena kontras cahaya layar gadget dengan ruangan sekitarnya jadi sangat tinggi sehingga gadget pun akan memberikan cahaya berlebihan.

Mengubah ukuran font hp

Ukuran font yang terlalu kecil malah akan mengakibatkan mata Anda menjadi cepat lelah karena terlalu lama mengkerucutkan mata. Ubah ukuran menjadi normal atau kalau perlu ukurannya menjadi besar agar tulisan menjadi besar dan mudah untuk dibaca.

Membuat rileks mata dengan mentimun

Saat mata lelah, sebaiknya Anda juga bisa membuat mata menjadi kembali rileks. Caranya adalah dengan menggunakan mentimun untuk melemaskan otot mata agar tidak semakin tegang. Anda tinggal menyiapkan 1 buah mentimun, kemudian diiris tipis setelah itu tempelkan ke mata. Kandungan di dalam mentimun akan membantu mata Anda menjadi rileks kembali.

Mengedipkan mata

Coba untuk mengedipkan mata juga akan membantu mata kamu menjadi fresh dan bagian kelopak mata tidak cepat mengalami kering. Karena faktor kelelahan adalah otot mata yang terlalu menegang sehingga Anda harus membantunya rileks kembali. Coba untuk mengedipkan mata dengan teknik 20-3-1 tiap 20 detik sekali.


Menggunakan obat tetes mata

Jika mata Anda lelah karena terlalu lama menatap layar hp, untuk cara mengatasi mata lelah dan perih Anda juga bisa coba memanfaatkan penggunaan obat tetes. Beberapa obat tetes yang umum digunakan dan sudah tersedia diberbagai apotik seperti insto dan rohto.

 Jika mata lelah disertai kondisi lainnya segera periksakan ke dokter

Selain menggunakan obat tetes mata lelah, jika ternyata keluhan mata lelah Anda cukup parah dan malah membuat Anda semakin tidak nyaman akan sangat dianjurkan Anda bisa memeriksakan mata pada dokter. Karena bisa saja mata Anda ternyata mendapat gangguan penyakit mata tertentu.
Itulah beberapa cara mengatasi mata lelah karena gadget yang dapat Anda coba lakukan. Yang paling penting adalah Anda bisa mengatur berapa lama Anda menatap layar hp, karena jika terlalu lama juga sangat membahayakan mata. Berikan waktu jedap untuk beristirahat. Untuk menjaga kesehatan mata, akan lebih baik juga jika Anda bisa makanan untuk menjaga kesehatan mata.Bahaya radiasi HP pada mata dapat dihindari dengan penggunaan yang tidak berlebihan dan efektif. Demikianlah mengenai penyakit mata akibat radiasi gadget, semoga bisa bermanfaat.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar