DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Juli 12, 2018

Tips Cara Menghemat Baterai Android Dan Iphone Yang Terbukti Ampuh Dan Efisien

Baca Juga

Dalam memilih ponsel atau smartphone Android, kita perlu melihat dari segi kapasitas atau daya baterai yang dimilikinya. Apabila kapasitas baterainya kecil, maka akan sangat berpengaruh bagi penggunaan smartphone tersebut, apalagi jika kita menggunakannya terlalu berlebihan dan berjam-jam tentu akan membuat baterai Android kita boros dan cepat habis.

Kebutuhan akan dunia teknologi kini sudah semakin tak terkendali, maka dari itu diciptakannya smartphone yang dapat memberikan informasi apa saja kapanpun dan dimanapun kita berada. Tetapi tetap saja yang namanya teknologi secanggih apapun seperti android dan iphone, tetap saja membutuhkan pasokan daya yang terus menerus terpakai.

Tips Cara Menghemat Batrai Android Dan Iphone Yang Terbuklti Ampuh Dan Efisien

Jika kalian mempunyai smartphone dengan baterai yang memiliki kapasitas daya yang sedikit, kalian harus benar-benar melakukan penghematan terhadap penggunannya. Hal ini sangat penting di lakukan agar daya baterai smartphone kita dapat bertahan lebih lama alias tidak cepat mati, dan ini suatu hal yang sangat tidak diinginkan jika kita berada di suatu tempat yang jauh dari sumber arus listrik untuk mengisi kembali baterai smartphone kita yang telah habis.


Berikut Adalah Tips Cara Menghemat Batrai Android Dan Iphone Yang Terbuklti Ampuh Dan Efisien

1. Pakai Aplikasi Penghemat Baterai

Satu langkah terakhir yang bisa Anda coba untuk menghemat baterai Android adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai Android. Konsep dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan performa ponsel Android serta menghemat penggunaan baterai pada ponsel Android. Saya yakin, kebanyakan dari Anda mungkin sudah mengetahui atau bahkan sebagian telah memakai aplikasi yang satu ini. Sebenarnya ada banyak aplikasi penghemat baterai Android, namun yang lebih sering digunakan saat ini adalah DU Battery Saver, Easy Battery Saver, JuiceDefender, dan lain sebagainya.

2.  Matikan Aplikasi Bila sudah tidak digunakan

Salah satu penyebab daya baterai Android sering boros adalah penggunaan aplikasi Android yang terlalu berlebihan. Apabila pada ponsel Android Anda sudah terinstall banyak sekali aplikasi ataupun game Android, usahakan untuk memakainya sewajarnya saja dan tidak terlalu berlebihan, bahkan bila Anda menggunakan berbagai aplikasi dalam satu ponsel Android tentu akan mengakibatkan borosnya baterai Android, seperti aplikasi BBM yang akan tetap berjalan pada background yang mengakibatkan daya baterai Android Anda kian melemah. Untuk itu, perlulah mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi demi menghemat daya baterai pada ponsel Android Anda.

3. Atur Tingkat Kecerahan Brightness atau Cahaya

Jika kalian berada di satu tempat yang memang tidak terlalu menyilaukan seperti contoh di dalam ruangan, diharapkan untuk mengurangi tingkat brightness sampai ke level yang paling rendah, karena semakin tinggi tingkatan cahaya (brightness) smartphone, pasti akan memakan daya baterai yang semakin banyak pula.

4. Kecilkan Volume Suara dan Matikan Vibration (getaran)

Seperti pada penjelasan di atas, intinya semakin tinggi level tingkatan suatu output, pastinya akan semakin tinggi juga pemakaian daya pada baterai di android dan iphone tersebut. Dan ini berlaku juga pada sistem volume suara, jjika kalian berada di suatu ruangan yang cukup hening, kecilkanlah volume suara pada smartphone kalian. Dengan mengecilkan volume tentu akan ada penghematan daya pada baterai android dan iphone kalian.

Dan jika memang kalian penikmat musik, biasakanlah menggunakan headset atau headphone, untuk meminimalisir suara speaker yang keluar. Karena suara speaker lebih besar memakan daya baterai daripada headset dan headphone. Dengan cara ini, kalian bisa lebih menghemat daya baterai smartphone.

Dan juga jangan lupa untuk mematikan sistem vibrasi atau getaran, karena daya output fisik seperti getaran smartphone, akan sangat memakan daya baterai. Selagi kalian berada pada situasi yang tidak membutuhkan fitur tersebut, matikan saja fitur tersebut.

5.Gunakan Smartphone/Android Seperlunya

Menggunakan smartphone seperlunya, artinya jika kalian memamng tidak menggunakann dalam waktu yang lama simpanlah android dan iphone kalian, dan kalau diperlukan matikan saja samrtphone kalian. Hal ini tentu saja akan menghemat baterai android, ya karena kita tidak menggunakannya.


6. Gunakan Fitur Airplane (Mode Pesawat Terbang)

Mode airplane sangat mempengaruhi hematnya daya pada baterai, maka gunakanlah mode airplane saat kalian berada pada lokasi yang jauh dari menara BTS atau berada di daerah dengan sinyal yang buruk. Karena sistem pada android dan iphone akan menggunakan daya yang tinggi jika terus mencari sinyal di daerah tersebut.

Dan bisa juga kalian gunakan mode 2G/GSM, jika kalian tidak terlalu menggunakan internet pada jaringan 3G/UMTS/H+/4G, apalagi kalian berada di daerah dengan jangkauan sinyal yang sedikit atau rendah. Dan itu pasti sangat memakan daya pada baterai smartphone kalian.

7.  Matikan fitur Wi-Fi dan Bluetooth

Kedua fitur tersebut memang sangat membantu kita dalam konektivitas data yang diperlukan. Jika diperhatikan, fitur Wi-Fi dan Bluetooth ini memiliki fungsi yang cukup signifikan. Jika Wi-Fi ini membantu kita dalam mengakses jaringan Internet, maka Bluetooth pun berfungsi untuk bertukar data bagi setiap pengguna smartphone. Namun pasti kita tidak selamanya menggunakan kedua fitur tersebut, hanya dalam kondisi tertentu saja kita memakainya. Nah, untuk itu disarankan untuk menonaktifkan atau switch off fitur-fitur tersebut apabila sudah tidak digunakan lagi.

8. Matikan fitur GPS

Fitur GPS ini memang sangat diperlukan untuk menemukan lokasi yang Anda butuhkan. Namun, sama halnya dengan fitur-fitur seperti Wi-Fi dan Bluetooth, fitur GPS ini tentu tidak selamanya atau pasti tidak akan sering yang Anda gunakan. Untuk itulah Anda disarankan untuk menonaktifkan pula fasilitas GPS ini dengan cara switch off pada bar notifikasi Android Anda.

9. Gunakanlah Wallpaper Sederhana

Dengan menggunakan wallpaper yang sederhana bisa meminimalisir pemakaian baterai, cara yang sederhana yaitu pasanglah wallpaper yang biasa saja seperti gambar statik atau diam, jangan memakai gambar bergerak contohnya seperti gif ataupun yang biasa kalian dapatkan atau temukan pada sistem bawaan di Android biasa di sebut live wallpaper atau wallpaper animasi.

Karena kalau gambar bergerak yang terpasang di wallpaper smartphone kalian, itu sama saja secara tidak langsung  kalian menjalankan aplikasi atau sistem player untuk memutar gambar demi gambar secara terus-menerus.

Demikian Tips Cara Menghemat Batrai Android Dan Iphone Yang Terbuklti Ampuh Dan Efisien
Semoga Bisa Bermanfaat...


logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Cara Menghemat Baterai Android Dan Iphone Yang Terbukti Ampuh Dan Efisien dengan url https://inirifany.blogspot.com/2018/07/tips-cara-menghemat-batrai-android-terbaik.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :Inilah Tips Cara Menghemat Batrai Android Dan Iphone Yang Terbuklti Ampuh Dan Efisien Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar