DUNIA BLOG | ANDROID | INFORMASI | BLOG PERSONAL | TUTORIAL | TERBARU

Juli 11, 2018

Tips Membeli iPhone Bekas dengan Kondisi Mulus dan masih Bekualitas

Baca Juga

membeli perangkat iPhone secondhand (bekas) memang bukan perkara mudah. Apalagi, mencari iPhone bekas dengan kondisi fisik yang baik juga semakin sulit dilakukan.

Alhasil, iPhone yang dijual di toko fisik, iklan baris atau toko online memiliki beberapa 'kecacatan' yang tidak bisa ditelorir.
iPhone adalah salah satu smartphone yang diinginkan oleh banyak orang. Namun karena dijual dengan banderol harga mahal, maka membeli iPhone bekas atau iPhone seken adalah solusi untuk mendapatkan iPhone dengan harga lebih murah. Beli hp iPhone second dimana yang bagus dan bagaimana caranya?

Membeli iPhone bekas yang punya harga murah namun masih memiliki kualitas yang masih bagus memang gampang-gampang susah. Namun jika berhasil mendapatkan barang seken dengan kualitas bagus, tentu saja menjadi suatu keuntungan.


Tips Membeli iPhone Bekas dengan Kondisi Mulus dan masih Bekualitas


Ada banyak orang yang merasa kecewa setelah membeli iPhone bekas di toko online atau toko ponsel lainnya karena tidak mendapatkan iPhone bekas yang diinginkan.

iPhone bekas adalah salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki iPhone tapi tidak punya cukup uang untuk membeli iPhone baru.

Bukan hal yang mudah ketika Anda memutuskan untuk membeli smartphone bekas buatan Apple ini.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika membeli iPhone bekas. Tidak hanya mengecek harga dan keaslian iPhone tapi masih ada beberapa hal penting yang harus Anda periksa.

Untuk itu, agar Anda tidak kecewa setelah selesai melakukan transaksi jual beli, sebaiknya mengetahui sepuluh tips membeli iPhone bekas yang asli dan berkualitas dibawah ini.

1. Sebisa Mungkin Beli COD Ketimbang Online

Membeli iPhone bekas memang jauh lebih baik jika beli secara langsung dan bertemu langsung dengan sang penjual iPhone. Apalagi jika sang penjual belum kita kenal.

Sudah banyak kasus beli iPhone online yang kena tipu karena tidak mendapatkan barang seperti yang terlihat di deskripsi. Masih baik kalau dia menerima pengembalian uang, kalau tidak?

Namun bukan berarti saya melarang membeli iPhone bekas secara online. Alangkah baiknya lebih berhati-hati agar tidak kena tipu. Kamu bisa baca artikel berikut ini untuk tips membeli iPhone online.


2. Cek Harga Pasaran

Jangan pernah tergoda dengan iPhone seken yang harganya terlalu murah. Ya, meskipun iPhone bekas punya harga yang lebih murah dari iPhone baru, namun bukan berarti ada perbedaan harga yang sangat besar.

Misalnya saja iPhone 5S di 2017 harga baru sekitar 3 jutaan, maka harga bekas iPhone 5S yang masih berkualitas bagus ya sekitar 2.5 jutaan. Jika harganya jauh lebih murah, misal 1 jutaan, maka kualitasnya kemungkinan memang sudah buruk.

Untuk harga pasaran sih kamu bisa cek di toko-toko online yang menjual iPhone bekas. Tinggal ketik model iPhone apa yang kamu inginkan, filter ke harga barang bekas, dan kamu bisa lihat sendiri.

3. Cek Keaslian iPhone

Hal terpenting dan pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin membeli iPhone bekas adalah mengecek keaslian iPhone. Mengingat banyaknya iPhone palsu yang beredar di pasaran saat ini membuat kita harus ekstra hati-hati ketika ingin membeli iPhone second.

Cara yang paling mudah mengetahui apakah itu iPhone asli atau iPhone palsu dengan mengecek IMEI atau nomor seri yang tertera di box atau yang terdapat diperangkat tersebut.Hal lain yang juga harus Anda perhatikan untuk mengetahui iPhone asli atau replika adalah memastikan iPhone tetap aman dan tidak muncul pesan error "Could Not Activate iPhone because activation server is temporarily unavailable." saat mengatur iPhone ke pengaturan pabrik atau hapus semua konten dan konfigurasi.

Sebab, ada beberapa kasus yang pernah kami jumpai, laman login iCloud tidak muncul ketika pemilik hendak restore iPhone untuk instal ulang atau mendapati iPhone is disabled.

4.Pastikan Serial Number, IMEI iPhone Cocok dengan Kotak Kemasan

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika mengincar iPhone bekas adalah memeriksa kesamaan nomor seri dan kode IMEI. Tidak butuh waktu yang lama memeriksa kesamaan nomor seri dan kode IMEI iPhone.

Cukup melihat nomor seri dan kode IMEI yang ada di sistem operasi iPhone kemudian mencocokannya dengan yang tertulis di kotak kemasan. Pastikan nomor seri dan kode IMEI sama.

Cara yang lain untuk mengecek IMEI iPhone adalah membuka sim card tray. Matikan iPhone terlebih dahulu kemudian lepaskan dengan menggunakan pin dan lihat kode yang tertulis pada sim card tray.

5.Periksa Kondisi Bodi, Tombol Home, Power dan Volume

Anda yang memutuskan membeli iPhone bekas juga harus memperhatikan kondisi bodi. Periksa bodi iPhone masih mulus (tanpa goresan) atau tidak, bengkok atau mungkin retak.

Kita semua tahu bahwa yang namanya barang bekas sudah tentu punya minus tapi Anda harus meminimalisir minus tersebut.

Tak hanya bodi iPhone yang mulus tanpa goresan yang harus diperhatikan, Anda juga harus memeriksa kondisi tombol Home, Power dan Volume sebab tombol ini seringkali akan digunakan ketika menggunakan iPhone nantinya.

Jika Anda mendapati tombol Home, Power dan Volume iPhone tidak berfungsi, sebaiknya mengurung niat untuk membelinya mengingat spare parts iPhone terbilang langka dan harganya mahal.

Untuk mengeceknya, Anda hanya perlu menekan tombol-tombol ini dan melihat respon yang ada di layar iPhone. Misalnya Anda ingin memerikan tombol Home iPhone, caranya cukup mudah dengan menekan tombol tersebut kemudian apakah layar terbuka.

Jika tidak ada respon, bisa dipastikan tombol iPhone tidak berfungsi atau rusak. Begitupun untuk tombol yang lain seperti tombol Power, Volume dan Switch Ring.

6. Status Garansi

Umumnya, produk Apple baik itu iPhone, iPad, Mac dan perangkat lainnya memiliki masa garansi sampai satu tahun. Bisa juga lebih dengan menambahkan garansi menggunakan layanan AppleCare.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengincar iPhone yang pemakaiannya belum cukup satu tahun agar mendapatkan garansi resmi dari Apple Authorized Reseller.

Ini dimaksudkan ketika mengalami masalah, Anda dapat dengan mudah klaim iPhone ke toko resmi Apple tanpa harus mengeluarkan biaya perbaikan.

Jika tetap memilih membeli iPhone yang masa garansi sudah habis atau berumur lebih dari satu tahun, pastikan Anda memperoleh garansi toko.

7. Periksa Kondisi Touch Screen, Kamera, Baterai dan Charger

Spare parts lain yang harus diperhatikan saat membeli iPhone bekas adalah kondisi touch screen, kamera, baterai dan charger. Untuk memeriksanya harus Anda lakukan satu persatu.

Misalnya, periksa kondisi touch screen atau layar sentuh terlebih dahulu dengan mencermati seluruh bagian layar sentuh, baik itu saat dimatikan maupun ketika dinyalakan.

Ketika iPhone mati pastikan tidak ada bintik-bintik atau warna yang aneh di bagian sudut layar sentuh. Begitupun saat iPhone dinyalakan, periksa apakah ada bintik yang terlihat karena ada beberapa touch screen iPhone yang terkadang tidak merespon saat menarik layar notifikasi ke bawah.

Selanjutnya, memeriksa kamera yang terletak di bagian depan dan belakang. Tidak sulit untuk mengecek kondisi kamera, cukup selfie dengan mengaktifkan kamera depan dan mengambil gambar dengan aplikasi foto dengan kamera belakang.

Pastikan juga Anda mengecek flash apakah berfungsi dengan baik atau tidak ketika memotret menggunakan kamera belakang.

Selain mengecek kondisi touch screen dan kamera iPhone, Anda juga harus memeriksa kondisi baterai dan charger termasuk kabel data, baik itu kabel 30 pin atau lightning.

Cara mengecek kondisi baterai adalah dengan mengunakan iPhone selama beberapa menit hingga satu jam. Lihat persentasi baterai saat pertama kali digunakan kemudian aktifkan beberapa aplikasi dan game berat sekaligus.

Setelah menggunakannya selama 25-45 menit, lihat kembali persentasi baterai. Jika persentase baterai berkurang dengan cepat, berarti daya tahan baterai sudah lemah (drop).

Untuk mengetahui kondisi charger apakah masih bagus atau tidak, cukup sambungkan langsung ke iPhone kemudian perhatikan indikasi pengisian baterai. Pastikan juga kondisi kabel 30 pin atau lighting tidak terkelupas.

8. Mendukung Berbagai Kartu SIM

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah dukungan kartu SIM. Ada dua jenis iPhone yang saat ini beredar di pasaran yaitu iPhone SU dan FU.

Kedua jenis iPhone ini berbeda dari segi kartu SIM yang dapat digunakan. Pastikan mengetahui perbedaan antara iPhone SU dengan iPhone FU.

iPhone SU (Software Unlocked) adalah iPhone yang hanya dapat menggunakan salah satu kartu SIM dari operator komunikasi. Anda harus mengetahui bagaimana cara unlock iPhone SU agar bisa menggunakan kartu SIM yang lain.

Sedangkan iPhone FU (Factory Unlocked) adalah iPhone yang dapat menggunakan kartu SIM dari semua operator di seluruh dunia.

Cara yang paling mudah untuk mengecek iPhone SU dan iPhone FU adalah dengan memasukkan kartu SIM ke sim card tray dan menyalakannya.

Tidak perlu khawatir, semua iPhone yang dijual di Apple Authorized Reseller Indonesia statusnya semua Factory Ulocked. Bagi Anda yang tidak mengetahui cara jailbreak iPhone atau perbedaan iPhone SU dengan FU dengan jelas sebaiknya membeli iPhone FU.

9.Aksesoris Lengkap

Tips membeli iPhone bekas yang lain adalah memeriksa kelengkapan aksesoris. Sangat penting untuk mengecek aksesoris iPhone.

Anda harus teliti memeriksa kelengkapan iPhone yang disertakan. Sekalipun membeli barang bekas, Anda juga harus mendapatkan aksesoris termasuk kotak kemasan seperti layaknya membeli iPhone baru.

Ini juga berguna untuk memastikan apakah itu iPhone curian atau bukan. Biasanya iPhone yang dicuri kemungkinan besar aksesorisnya tidak lengkap atau dijual batangan.

Setelah itu, periksa kondisi earphone atau airpod dengan menyambungkan langsung ke port audio iPhone dan mencoba memutar musik.

10. Sistem Operasi dan iCloud

Ini juga termasuk hal yan cukup penting harus Anda periksa ketika ingin membeli iPhone bekas yaitu sistem operasi dan status iCloud. Mengecek apakah Anda masih bisa upgrade ke iOS terbaru hingga 1-2 tahun kedepan.

Ada banyak fitur yang dapat Anda nikmati jika menggunkan iOS terbaru. Salah satunya adalah dukungan aplikasi yang lebih banyak.

Anda bisa bayangkan berapa banyak aplikasi keren yang tidak bisa diinstall di iPhone jika tidak melakukan upgrade iOS.

Pastikan juga status iCloud terbuka. Anda yang membeli iPhone bekas dengan status iCloud terkunci akan mengalami masalah terlebih jika membelinya jauh dari daerah Anda.

iPhone yang status iCloud terkunci akan menampilkan tulisakan Kunci Aktivasi atau Activation Lock seperti halnya jika iPad iCloud terkunci.

Anda tidak akan bisa menggunakannya hingga Anda berhasil membuka iCloud iPhone terkunci tersebut. Dengan membeli iPhone bekas yang status iCloud sudah terbuka kita tidak perlu lagi menghubungi penjual atau mengeluarkan uang untuk biaya jasa unlock iCloud.


11.Cek Kesehatan Baterai
Karena menggunakan baterai yang tidak dirancang untuk dilepas pasang oleh pengguna, mempertimbangkan kualitas baterai iPhone juga sangat penting. Hal ini karena baterai iPhone tetap punya usia meskipun kondisi bodi iPhone masih bagus.

Kualitas dan umur baterai biasanya diukur dalam beberapa indikator, seperti jumlah Cycle Count baterai atau level wear. Untuk mengecek kualitas baterai iPhone, kamu bisa coba pakai aplikasi Battery Life.

Itulah Beberapa Tips Membeli iPhone Bekas dan berkualitas...
semoga bermanfaat dan bisa menjadi Referensi...
logoblog

Ditulis Oleh : Arif Rifany ~ Admin Blog

Arif Rifany Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Membeli iPhone Bekas dengan Kondisi Mulus dan masih Bekualitas dengan url https://inirifany.blogspot.com/2018/07/tips-membeli-iphone-bekas-dengan-aman.html yang ditulis oleh INI RIFANY yang berisi tentang :sebelum Beli Iphone bekas Sebaiknya kamu simak dulu tips cara membeliu iphone dengan kondisi yang masih mulus dan berkualitas Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.Silahkan Dibagikan Jika Sekiranya Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar